Ringkasan Buku Komunikasi Bisnis_Bab 3
RINGKASAN BUKU
KOMUNIKASI BISNIS
BAB 3
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Komunikasi, yang merupakan keterkaitan antara individu-individu dengan organisasi, mempunyai peranan yang cukup penting bagi berjalannya fuungsi-fungsi dalam suatu organisasi. Sedang Organisasi adalah sekelompok masyarakat yang salaing bekerja sama untuk memcapai suatu tujuan tertentu.
Seorang manajer yang dinamis harus memiliki tiga peran penting yaitu :
1. Peran Antar Pribadi
Yaitu peranan yang menunjukan bahwa sseorang manajer harus mampu memerankan dirinya sebagai seorang tokoh figur (figurehead role), pemimpin (leader role), dan penghubung (liaison role).
2. Peran Informasional
Yaitu peran yang mencakup peran pemantau (monitor role), peran penyebar informasi (disseminator role) dan peran juru bicara (spokesperson role).
3. Peran Keputusan
Yaitu peran yang mencakup 4 pernan penting : peran wirausaha, pemecah masalah, pengalokasi sumber daya dan peran negosiator
Dibawah ini adalah beberapa kegiatan organisasi yang ada dalam suatu organisasi yaitu mencakup penentuan tujuan, membuat dan melaksanakan keputusan, mengukur hasil kerja, merekrut dan mengembangkan staf, pelayanan pelanggan, negosiasi dengan pemasok, menghasilkan produk dan interaksi dengan peraturan yang ada.
Untuk melakukan komunikasi yang efektif, perlu adanya pemilihan pola komunikasi, baik melalui saluran komunikasi formal maupun nonformal. Saluran komunikasi formal dapat dilakukan dengan empat bentuk komunikasi yaitu:
1. Komukasi dari Atas ke Bawah
Secara sederhana, transformasi informasi dari manajer dalam semua level ke bawahan(karyawan) merupakan komunikasi dari atas ke bawah (top-down atau downward communications).
Menurut Katz dan Kahn, komunikasi ke bawah memiliki 5 tujuan pokok diantaranya :
a. Memberikan arahan atau instruksi kerja.
b. Memberikan informasi mengapa suatu pekerjaan harus di laksanakan.
c. Memberikan informasi tentang prodsedur dan praktikorganisasional.
d. Memberikan umpan balik pada pelaksaan kerja kepada karyawan.
e. Menyajikan informasi mengenai aspek ideologi.
2. Komunikasi dari Bawah ke Atas
Komunikasi dari bawah ke atas (bottom-upatau upward communications) merupakan alur pesan yang di sampaikan dari karyawan menuju ke manajer.
3. Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal (horizontalcommunications) adalah komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang memiliki posisi yang sederajat dalam suatu organisasi
4. Komunikasi Diagonal
Komunikasi diagonal (diagonal communications)merupakan komunikasi yang melibatkan antara dua tingkat organisasi yang berbeda.
Saluran komunikasi informal adalah orang-orang yang berada dalam suatu organisasi yang tidak memandang jenjang heirarki, pangkat atau jabatan sehingga mereka bisa berbicara secara leluasa.
Dalam mengelola komunikasi, diperlukan adanya penanganan pesan-pesan rutin dan penanganan krisis komunikasi. Penanganan pesan-pesan rutin mencakup : mengurangi jumlah pesan, mempunyai instruksi yang jelas, mendelegasikan tanggung jawab dan melatih petugas.
Sedangkan penanganan krisis komunikasi, ada bebrapa hal yang dapat dilakukan antara lain :
-Siapkan tim yang terampil/cekatan dalam penanganan krisis.
-Usahakan agar manajemen pucuk segera bertindak .
-Ciptakan sebuah pusat informasi sebagai representasi perusahaan.
-Ceritakan suatu kejadian secara mmenyeluruh, terbuka dan jujur.
-Tunjukkan keseriusan perusahaan baik itu berupa pernyataan maupun tindakan.
-Meningkatkan keterampilan komunikasi adalah sangat penting dan di utamakan untuk para manajer suatu perusahaan.
Berikut ini adalah beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis adalah :
Membaca
-Mendengarkan
-Membuat percakapan menarik
-Melakukan wawancara
-Berdiskusi dengan kelompok-kelompok kecil
-Berpidato dan persentasi
-Menulis surat,memo dan laporan.
Tanpa melihat dimana Anda bekerja atau apa yang Anda lakukan, komunikasi akan memounyai peranan yang sangat penting bagi kemajuan karier Anda. Dengan melakukan penelaahan terhadap apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki, menentukan tujuan yang realistik, dan melakukan latihan berbagai bentuk komunikasi , Anda akan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi Anda.
Thanks to Nurzati
Lihat juga :
Bab 5_Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis
Thanks to Nurzati
Lihat juga :
Bab 5_Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis
Komentar
Posting Komentar