Rangkumn Buku Komunikasi Bisnis_Bab 11
Ringkasan buku
Komunikasi Bisnis
Bab 11
Pesan-pesan persuasif
Perencanaan pesan-pesan persuasif
Persuasif merupakan suatu usaha mengubah sikap,kepercayaan atau tindakan audiens untuk mencapai sebuah tujuan. Secara sederhana, persuasif yangefektif adalah kemampuan untuk menyamcapaikan suatu pesan dengan cara yang membuat audiens (pembaca atau pendengar) merasa mempunyai pilihan dan membuatnya mereka setuju.
Analisis Audiens
Untuk siap melakukan persuasif mungkin diperlukan waktu cukup lama, bukan saja mingguan bahkan bulanan.
Penyampaian pesan-pesan persuasif yang terbaik adalah dengan menghubungkan pesan-pesan dengan minat dan hasrat audiens.untuk mengakomodasikan perbedaan individual,analisis audiens anda dan kemudian susunlah suatu pesan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Pertimbangan perbedaan budaya
Pemahaman terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja akan membantu dalam memuaskan kebutuhan audiens,tetapi juga akan membantu bagaimana mereka memandang anda.hal ini menggingat bahwa cara memberikan persuasif untuk budaya yang berbeda akan berbeda pula.
Memilih pendekatan organisasional
Penyampaian pesan-pesan rutin dan bad-news,anda perlu memilih pendekatan organisasional yang tepat berdasarkan kemungkinan reaksi audiens terhadap pesan yang anda sampaikan. Pendekatan tak langsung (indirect approach) dalam menyampaikan pesan-pesan persuasif.
Mengembangkan Pesan-pesan Persuasif
Pendekatan langsung atau tak langsung,yang penting adalah bahwa anda harus mampu menyakinkan audiens anda bahwa ide tersebut dapat dipertanggung jawabkan dan beralasan.persuasi yang efektif mencakup empat komponen penting, yaitu menetapkan kredibilitas,membuat krangka argumentasi audiens, menghubungkan audiens dengan hal-hal yang logis,dan memperkuat posisi anda dengan menggunakan bahasa yang baik dan tepat.
Menetapkan kredibilitas
Kredibilitas adalah kapabilitas anda untuk dapat dipercaya oleh orang lain.tanpa kredibilitas,upaya nda untuk melakukan persuasi akan tampak sebagai bentuk tipuan.
Krangka Argumentasi
Kebanyakan pesan-pesan persuasif mengikuti rencana organisasional AIDA (Attention,Interest,Desire,dan Action).
1. Attention (perhatian)
Anda harus dapat menyakinkan audiens segera dibagian permulaan bahwa anda mempunyai suatu yang berguna untuk anda sampaikan.
2. Interest (minat)
Menjelaskan relevansi pesan-pesan anda dengan audiens.kembangkan pernyataan yang telah disampaikan pada fase pertama dengan agak rinci. tujuannya adalah bagaimana audiens mampu berfikir.hubungkan atau kaitkan pesan-pesan yang akan anda sampaikan dengan manfaat secara sepesifik yang dapat dinikmati oleh audiens.
3. Desire ( hasrat)
Membuat audiens untuk mengubah keinginanya dengan menjelaskan bagaimana perubahan yang dilakukan dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi audiens.
4. Action (tindakan)
Menyarankan tindakan sepesifik yang anda inginkan terhadap audiens anda.perlu diingatkan kembali bagaimana audiens akan memperoleh manfaat dari tindakan yang akan dilakukan tersebut.
Memilih daya pemikat.
Keseimbangan di antara keduanya bergantung pada empat faktor penting , yaitu:
1. Tindakan yang anda harapkan ,
2. Harapan audiens anda .
3. Tingkat resistensi yang harus anda atasi , dan
4. Seberapa jauh anda mampu menjual ide/ gagasan anda tersebut pada audiens .
A. Pemikat emosional .
Persuasi terhadap audiens , dapat memanfaatkan emosi yang dilandasi dengan suatu argumentasi atau dalam bentuk simpati kepada audiens selama pemikat emosional ( emotional appeals ) tersebut sangat kuat .
B. Pemikat logika
Menggunakannya untuk melakukan persuasi audiens, seperti membuat pengaduan (claim) dan selanjutnya memberikan dukungan ats pengaduan tersebut dengan memberikan alasan dan bukti-bukti yang ada.
Analogi
Analogi adalah menggunakan suatu alasan dari bukti-bukti spesifik menuju bukti-bukti spesifik pula.
Induksi
Induksi (induction) adalah memberikan alsan dari bukti-bukti spesifik menuju kesimpulan umum.
Duduksi
Deduksi (deduction) dalah pemberian alsan dari yang bersifat umum untuk kesimpulan yang spesifik.
C. pertimbangan etika
dalam memahami yang positif, persuasi dapat digunakan untuk mempengaruhi audiens dengan memberikan informasi dan menambah pemahaman mereka dalam berbagai hal.
Menulis Permintaan Persuasif
Permintaan persuasif (persuasive request) untuk suatu tindakan adalah tetep menjaga batas-batas permnintaanya.manfaat langsung (direct benefits) permintaan persuasif meliputi pengurangan beban kerja seorang supervisor atau memberikan premi kepada seorang yang memberikan tanggapan atas survei. Adapun tanggapan tak langsung (indirect benefits) permintaan persuasif meliputi peningkatan atau perbaikan moral karyawan dan peningkatan prestise atau tantangan untuk membuat kontribusi yang berarti bagi perusahaan.
Permintaan Persuasif untuk Tindakan
Pada kalimat pembuka mulai lah dengan kalimat yang mampu mengundang perhatiaan pembaca yang menunjukan bahwa anda mengetahui sesuatu yang sangat diharapkan pembaca.
Bahkan pesan persuasif yang siafat nya memuji atau menyanjung tentang pembaca juga dapat dibenarkan.
Selanjutnya pada bagian pertengahan,gunakan kaliamat yang mampu menarik minat dan harapan pembaca yang mencakup apa yang sebenarnya anda ketahui tentang situasi yang anda harapkan untuk suatu tindakan tertentu seperti fakta yang ada,manfaat bantuan,pengalaman yang mampu mendorong minat anda tersebut.
Permintaan dan Pengaduan Persuasif untuk Penyesuaian
Meskipun surat pengaduan persuasif dan surat permintaan penyesuaian kadang kala merujuk pada surat keluhan (complaint letter) tujuannya adalah melakukan persuasif kepda orang lain untuk melakukan penyesuaian yang di perlukan.
Penulisan Pesan-Pesan Penjualan dan Permohonan Dana
Ada dua jenis pesan persuasif yaitu surat penjualan yaitu surat penjualan (sales letters) dan surat permohonan bantuan dana (fundraising letters)
Pesan ini meliputi berosur formulir jawaban dan surat-surat khusus lainnya.
1. Perencanaan pesan-pesan penjualan
Salah satu tujuan untuk memperoleh pemahaman secara menyeluruh tentang produk anda.
Perorganisasian dan komposisi Pesan-pesan penjualan
1. Menarik perhatian
Untuk menarik dengan menekankan produk baru memberikan ilustrasi dan memberikan solusi atas masalah.
2. Membangun minat audiens
dilakukan dengan menempatkan titik penjualan utama dalam paragraf awal.
3. Meningkatkan hasrat
dengan mengungkapkan manfaat utama bagi pembaca anda dalam kata atau gambar yang menarik
4. Memotivasi tindakan
yakinkan audiens apa yang diharapkan oleh pembaca dapat anda penuhi dengan segera
Perencanaan pesan-pesan bantuan dana
4 hal yang harus deperhatikan penulisan surat permohonan bantuan dana;
1. Menjelaskan kebutuhan secara spesifik
2. Tujukan kepada pembaca betapa penting nya donasi yang anda sumbangkan kepada orang lain
3. Kemukakan secara jelas donasi yang dibutuh kan
4. Jelaskan manfaat manfaat atau kegunaan donasi yang telah diberikan pembaca
Thanks to Roudoh tutsarifah
Lihat juga :
Komentar
Posting Komentar