Rangkuman Buku Komunikasi Bisnis_Bab 15

Rangkuman Buku
Komunikasi Bisnis


Bab 15

Arti Penting Wawancara

Wawancara merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk menjaring pelamar yang ada. Jumlah pelamar pada umumnya jauh lebih banyak dari  pada posisi atau lowongan yang tersedia. Oleh karena itu, dibutuhkan alat penyaring atau alat seleksi yang dapat menemukan orang orangyang paling cocok untuk menemempati posisi tersebut. Mengingat ketatnya seleksi dari perusahaan, seorang pelamar mungkin saja diwawancarai lebih dari satu kali.

Berbagai aspek, khususnya aspek kepribadian, baik secara verbal maupun nonverbal, sejak memasuki ruang wawancara akan diperhatikan oleh pewawancara. Aspek aspek kepribadian yang akan dinilai mencakup:
1.Penampilan secara fisik,
2.Gerak gerik dan sopan santun,
3.Rasa percaya diri,
4.Inisiatif,
5.   Kebijakan,
6.Tanggup dan kerjasam,
7.Ekspresi wajah,
8.Kemampuan berkomunikasi,
9.      Sikap terhadap pekerjaan,
10.Selera humor

Penilaian terhadap aspek diatas akan membantu pewawancara untuk memprediksi keberhasilan pelamar menduduki posisi tertentu didalam perusahaan.jika pelamar lemah dalam suatu aspek penting yang sangat dituntut pada jabatan yang diinginkan, atau yang merupakan faktor penentu keberhasilan dalam menduduki jabatan tersebut, tentunya pelamar tidak akan diterima.

Dalam proses wawancara, berikanlah informasi yang padat dan akurat dengan jelas dan tidak berbelit belit. Jawablah semua pertanyaan yang diminta dengan baik, dan janganlah memberikan informasi yang tidak ditanyakan atau tidak relevan dengan pertanyaan pewawancara.

 Persiapan Wawancara
Berkut merupakan berbagai hal yang perlu diperhatikan saat melakukan wawancara kerja:
1.      Datanng tepat pada waktunya
2.      Bersikap yakin
3.      Siapkan sertifikat diploma, dan surat surat penghargaan
4.      Berpakaian yang rapi dan sopan
5.      Bersikap tenang
6.      Ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, kecuali jika ada yang mengantar
7.      Tersenyumlah, tetapi jangan tersenyum terus
8.      Tunggu sampai dipersilakanduduk, atau mintalah izin untuk duduk
9.      Ingat nama pewawancara dengan benar
10.  Tataplah pewawancara saat berbicara

Berikut hal hal yang juga perlu diperhatikan saat melakukan wawancara kerja:
1.      Jangan datang terlambat
2.      Jangan  kelihatan kesal karena sudahmenunggu lama
3.      Jangan datang untuk wawancara tanpa persiapan
4.      Jangan berpenampilan berlebihan
5.      Jangan membawa tas belanja atau yang sejenisnya
6.      Jangan membawa teman atau keluar saat wawancara
7.      Jangan duduk sebelum dipersilakan
8.      Janagn meletakkan tas diatas meja wawancara
9.      Janagn membungkuk atau menundukkan kepala
10.  Jangan bertopang dagu

Cara Mengenali Pekerjaan dan Perusahaan
Sebelum melakukan wawancara, perlu dicari berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar dan perkembangan perusahaan yang bersangkutan. Informasi dapat diperoleh dari berbagai publikasi resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, baik yang berbentuk jurnal, majalah, atau buletin. Wawancara sebagai bentuk komunikasi dua arah merupakan kesempatan yang baik bagi pelamar untuk menanyakan secara langsung berbagai hal mengenai pekerjaan dan perusahaan kepada pewawancara.

Pertanyaan pertanyaan yang diajukan pelamat dalam wawancara sangat penting artinya bagi pewawancara, khususnya untuk mengetahui tingkat keseriusan pelamar dalam melamar posisi kerja tersebut. Jika sudah diberi kesempatan untuk menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan perusahaan, tetapi tidak dimanfaatkan, pewawancara akan menilai bahwa pelamar tidak serius.

Pertanyaan Penting dalam Wawancara
Dalam wawancara, berbagai pertanyaan akan diajukan kepada pelamar sehingga pelamar harus benar benar mempersiapkan diri agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan bbaik dan benar.
Berbagai contoh pertanyaan yang sering dilakukan dalam wawancara kerja:
1.      Pekerjaan yang dilamar
2.      Pendidikan dan pelatihan
3.      Latar belakang keluarga
4.      Kepriadian
5.      Penilaian pribadi
6.      Tujuan karier
7.      Hobi dan lain lain

Ucapan Terimakasih
Setelah wawancara usai, berikan ucapan terima kasih kepada pewawancara meskipun kecil kemungkinan bekerja di perusahaan tersebut. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan penghargaan atas waktu yang  telah disediakan untuk wawancara.

Surat Penerimaan Kerja 
Diterima bekerja dengan jabatan serta diperusahaan yang diinginkan merupakan harapan setiap orang. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa membuat surat pemberitahuan dengan baik, dan mengirimkannya sesegera mungkin.Surat peberitahuan penerimaan kerja dibuat oleh perusahaan menggunakan pendekatan langsung. Pada pendekatan ini, bagian pembuka diawali dengan informasi yang menyenangkan, diikuti dengan informasi konfirmasi dan paragraf penutup.

Thank to Siti Saadah

Lihat juga : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ceramah Singkat (Larangan Putus Asa)

Contoh Paragraf Narasi,Persuasi,Deskripsi, Eksposisi,Argumentasi, dan Resensi Buku

Contoh Menulis Sebab Akibat ( cause and effect )